Selasa, 13 Maret 2012

Tips Merawat Gitar yang Baik


Alat musik petik satu ini tentunya diwajibkan mendapat perawatan dari siempunya paling tidak seminggu sekali, karena menurut penelitian bahwa saat loe bermain gitar, tanpa disadari manusia mengeluarkan keringat cukup banyak dari tangannya.
Ini karena kerja otak dan gerak tangan yang cukup menguras energi.

Hal ini sangat jarang disadari oleh para gitaris. Coba deh lihat gitar loe, apakah ada karat di setiap permukaan yang dibatasi tiap fret-nya (fretboard). Itu disebabkan setelah bermain, senar gitar loe terkena keringat juga kotoran, debu, dan lain lain. Yang menyebabkan suara gitar loe menjadi cempreng dan fals. Nah dibawah ini ada beberapa tips cara buat merawat gitar loe. 

Memiliki case
 Sama seperti manusia yang memiliki rumah, demikian pula gitar memerlukan case (tas). Ini bertujuan agar terlindung dari kekotoran yang ada di luar atau benturan-benturan. Memang beberapa gitar yang murah dan sering dimainkan tidak perlu diberi case, namun bila Anda seorang gitaris yang suka mengadakan konser, atau bepergian membawa gitar Anda, milikilah case.
Case gitar ada dua, yang hard atau soft, bagai cover sebuah buku. Hard-case biasanya terbuat dari bahan kayu atau plastik yang cukup kuat dan tebal; sangat aman untuk melindungi gitar. Ini pas dimiliki oleh gitaris yang sering mengadakan tur dan bepergian. Cocok dipakai bila kita tidak terlalu sering bepergian dan bagi yang sering ke studio untuk berlatih. Bila gitar anda tidak dimainkan, sebaiknya Anda selalu menyimpannya di dalam case.

Bersihkan Senar
yaitu membersihkan seluruh bagian senarnya dengan cara dilap dengan bahan kaus yang lembut. Bila perlu dibasahi dengan cairan string cleaner (pembersih senar) yang tersedia di toko-toko musik.

Buat Kinclong
Gitar loe juga perlu mandi. Bukan berarti dibawa ke kamar mandi lalu disiram, cukup di’lap saja dengan bahan kaos, baik body, neck, apalagi bagian pickup dibawah senar yang pastinya susah dibersihkan debunya (untuk ini bisa gunakan kuas cat), pokoknya sampai kinclong lagi. Bila perlu, gunakan cairan guitar polish.

Letakkan yang Benar
Meletakkan gitar yang benar adalah terlentang, dengan bagian neck bersenar menghadap ke atas. Biasanya, setelah memainkan gitar orang akan meletakkan gitar pada posisi ujung neck bagian atas ditempelkan di dinding. Sedangkan body gitar di bagian bawah menempel di permukaan lantai. Jadi, gitar diletakkan dalam posisi miring. Hal ini sangat tidak baik untuk gitar karena akan membuat neck bengkok perlahan-lahan. Bila Anda memiliki studio atau panggung pertunjukan yang berisikan alat-alat musik, ingatkan kepada segenap pemain agar meletakkan gitar dengan benar. Cara lain, bila memiliki biaya, belilah stand untuk gitar Anda. Ini akan menyangga neck gitar anda dengan aman.


Kendurkan Senar
Selain membersihkan senar gitar, loe juga perlu mengendurkan senar gitar bila tidak dipakai lama. Ini bertujuan agar neck gitar loe tidak melengkung. Senar gitar yang disetel adalah tali yang ditegangkan, dan penegangan ini akan menarik dua sisi yang menegangkan. Pada gitar, tarikan akibat ketegangan lini bisa membengkokkan neck, walau kemungkinannya kecil.


Bersihkan Fretboard
Fretboard adalah tempat bersarangnya kotoran akibat keringat dari jari dan kotoran. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa manjadi kerak. Setiap loe mengganti senar, sekalian bersihkan fretboard-nya dengan pick gitar, lalu lap dengan bahan kaus.

Ganti Senar
Jika senar loe sudah berkarat, gantilah. Jika tidak, bukan hanya tidak enak dimainkan, tapi warna suaranya juga menjadi tidak keruan, dan merusak fret gitar. Selain itu, jari-jari loe juga bisa sakit. Belum lagi kalau senar itu putus dan kemudian melukai tangan loe.
Biasakan untuk mengganti senar gitar satu set sekaligus, 6 buah. Hal ini untuk mencegah belangnya warna suara antara senar baru dan senar lama. Jadi bila senar loe sudah lama dan putus salah satunya, disarankan mengganti semuanya.

Jangan Dibanting
Jangan suka membanting gitar loe karena akan memengaruhi suara dan bodi gitar. Apalagi kalo ternyata gitar loe merupakan alat musik yang lumayan mahal, lain hal kalo cuman gitar-gitaran.





Artikel Terkait :